• wiryaone

Mengapa AC harus rutin dibersihkan?

Anda mungkin pernah mendengar cerita bagaimana seseorang yg selalu di dalam ruangan berAC jadi mudah jatuh sakit. Dengan kondisi saat ini bahkan ada rasa kuatir AC dapat menyebarkan COVID.


Wajar jika banyak orang bertanya-tanya, apakah AC itu sebetulnya sehat atau tidak? Jawabnya adalah sehat, dengan catatan, Anda sudah merawat unit AC dengan benar. Jika mengabaikan perawatan, maka keberadaan AC tidak akan sesuai fungsinya sebagai pendingin ruangan & kontrol kelembaban, bahkan bisa mengundang penyakit ke dalam rumah Anda.


Berikut adalah manfaat AC bagi Kesehatan.


1. Mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh udara panas.


Saya pernah mengunjungi New Delhi tepat disaat terjadi gelombang udara terpanas dan terlama dalam catatan cuaca negara India. Pada bulan Mei - Juni tahun 2019, suhu sekitar 35 – 48°C. . Bahkan untuk saya yang sudah terbiasa dengan panasnya Jakarta, kondisi udara saat itu saya anggap extreme. Saya membutuhkan waktu 3-4 hari untuk menyesuaikan diri & sebisa mungkin menghindari berada di luar ruangan berAC untuk mencegah terkena heat stroke.

Di beberapa negara dimana masyarakatnya jarang memasang AC, gelombang panas (heat wave) bisa menjadi krisis kesehatan. Mereka yang kurang tahan panas, seperti anak-anak dan orangtua, lebih berisiko terkena serangan panas dan dehidrasi. Kondisi tertentu, seperti penyakit jantung atau melemahnya kekebalan tubuh, bisa diperburuk oleh cuaca panas. AC adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengurangi gejala yang terkait panas.


2. Memperbaiki kualitas udara.


Sistem pendingin udara yang baik dapat melakukan filtrasi udara, dan memberikan Anda udara yang lebih bersih di dalam ruangan. Filter yang terdapat di dalam unit AC dapat membantu menghilangkan bakteri, jamur, dan polusi udara dalam ruangan. Menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi mereka yang memiliki alergi, asma, atau masalah pernapasan lainnya.


Mikroba, serbuk sari dan polutan lainnya dapat dengan mudah memicu penyakit yang memengaruhi pernapasan. Hilangnya bahan penyebab iritasi ini dapat memudahkan pemulihan dari pilek, alergi, atau flu. Penting untuk dipahami bahwa tidak semua filter AC dapat menangani masalah ini. Filter AC standar (Flat Panel) akan menangkap debu dan partikel dan mencegahnya keluar lagi dari sistem AC, tapi bukan membersihkan udara. Filter AC kategori HEPA mampu menghilangkan 99,97% partikel dengan ukuran 0,3 microns dan biasanya di pergunakan di rumah sakit. Anda dapat mengenal lebih dalam berbagai jenis filter AC dan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengklik tautan tentang pilihan filter ini.


Berikut ini adalah beberapa masalah yang bisa disebabkan oleh penggunaan AC.


1. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebarkan penyakit.


Jika AC Anda mendinginkan ruangan tetapi tidak mengurangi kelembaban, Anda mungkin memasang unit AC yang terlalu besar untuk ukuran ruangan Anda.

Kelembaban yang terlalu tinggi memungkinkan bakteri berkembang biak, membuat kemungkinan terjadi infeksi lebih tinggi. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sistem AC dapat mengembangkan dan menyebarkan jamur yang tidak sehat jika terhirup. Bukan karena Anda alergi terhadap udara AC, tapi partikel-partikel yang disebarkan oleh unit AC yang tidak terawat dengan baiklah yang menyebabkan Anda sakit.


2. Kelembaban yang terlalu rendah menyebabkan ketidaknyamanan.


Kelembaban yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan masalah. Udara kering bisa menyebabkan kulit dan rambut kering. Itu juga dapat mengeringkan sinus Anda, sehingga lebih mudah terkena infeksi pernapasan. Yang lebih parah, virus penyebab COVID-19 tumbuh subur di kondisi dengan kelembaban rendah.


Jika AC Anda terus beroperasi (baik karena suhu yang disetel terlalu rendah atau ada masalah dengan unitnya), bisa mengakibatkan terlalu sedikit kelembaban di ruangan Anda.


3. Paparan refrigeran


Bahan kimia pendingin (refrigerant) yang diisikan ke dalam AC hanya menyebabkan masalah kesehatan apabila terjadi kebocoran AC yang serius. Karena itu pastikan AC Anda hanya ditangani oleh teknisi yang berpengalaman sehingga tidak menimbulkan paparan bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.


Mulai saat ini, jangan remehkan perawatan AC secara rutin bahkan saat AC masi terasa dingin. Pastikan Anda hanya menyerahkan pemasangan & servis AC Anda kepada teknisi berpengalaman. Silakan klik disini untuk melihat lengkap servis kami.


Salam Sehat!


Kamar Tidur berAC






37 tampilan0 komentar