• wiryaone

Tips Pindahan Anti Galau.

Diperbarui: Mei 15

Jika sudah hampir waktunya untuk pindah besar-besaran ke apartemen baru, Anda pasti galau dan mulai resah.


Proses pindahan rumah adalah salah satu bagian kehidupan yang sangat rumit. Ditengah -tengah kesibukan bekerja, ditambah dengan kepanikan menuju Hari Pindahan, membuat Anda kehilangan kendali atas hidup Anda. Anda ingin semuanya sempurna & berjalan lancar, tetapi Anda juga sadar kalau selain kebutuhan pribadi & barang - barang berharga, ada furniture & elektronik berukuran besar yang perlu dibawa ke tempat yang baru.

Dan... Anda tidak tahu harus mulai darimana.


Berikut ini adalah tips persiapan pindah ke rumah baru yang akan mengurangi rasa panik Anda seketika:


1. SIAPKAN PERLENGKAPAN


Biasanya akan muncul banyak biaya tak terduga ketika proses pindahan berjalan. Salah satunya adalah kebutuhan Kardus & Plastik Wrapping. Kardus digunakan utk mengemas kebutuhan pribadi berukuran kecil, termasuk perlengkapan dapur supaya tidak berceceran. Plastik Wrapping digunakan untuk membungkus furniture ukuran besar seperti sofa, meja, bangku, lemari, springbed. Elektronik seperti kulkas, TV, kipas angin juga perlu diplastik wrapping supaya tidak rusak saat dipindahkan.


Anda juga akan membutuhkan perlengkapan lain seperti:

• Lakban

• Koran Bekas

• Spidol

• Pisau cutter & Gunting

• Tali rafia

• Kantong sampah


Tanpa tersedianya perlengkapan diatas, Anda akan mengalami kendala yang memperlambat proses pindahan. Jadi, pastikan sebelumnya Anda sudah siap dengan perlengkapan tersebut.


2. KURANGI BARANG DAN SUMBANGKAN


Ketika Anda pindah dari sebuah rumah tapak ke sebuah unit apartemen, Anda pastinya harus lebih bijak merencanakan penggunaan ruang. Karena ukuran ruang apartemen yang jauh lebih kecil daripada rumah tapak. Ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memilah-milah barang Anda dan menemukan item-item yang sebenarnya tidak Anda butuhkan lagi.


Aturan praktis adalah: jika Anda tidak menggunakan item tersebut dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah menggunakannya lagi. Pisahkan item yang tidak Anda perlukan dan sortir menjadi dua kelompok : barang yang dapat Anda jual dan barang yang bisa didonasikan.


3. BUATLAH DAFTAR


Anda tidak perlu membuat daftar yang terperinci untuk setiap barang milik Anda. Namun, sebaiknya buatlah daftar untuk furniture & elektronik besar yang akan dipindahkan. Sehingga bisa diperkirakan seberapa besar kendaraan yang diperlukan untuk mengangkut semua atau dicicil kemudian.


4. PENGEPAKAN, PENGEPAKAN, PENGEPAKAN


Proses pengepakan membutuhkan waktu dan energi terbesar dalam proses pindah rumah. Menyortir barang - barang kecil ke dalam kardus seperti tidak pernah selesai. Tidak mudah untuk memutuskan barang apa yang harus segera dikemas VS barang apa yang sebaiknya ditinggal di luar karena masih Anda butuhkan sehari-hari.


Jika Anda merasa terkepung oleh barang-barang yang belum bisa Anda kemas saat ini, berikut adalah tips cara memecah barang-barang Anda menjadi beberapa bagian yang akan memberi Anda ruang bernapas:


  • Berkemaslah seperti Anda akan hendak melakukan perjalanan wisata. Sisihkan semua kebutuhan utama Anda setidaknya seminggu sebelum pindah. Taruh semuanya ke dalam koper dan anggaplah Anda sedang berlibur. Dan hiduplah menggunakan apa yang ada di dalam koper itu. Sisanya Anda bisa masukkan ke dalam kardus pindahan. Kemudian, setelah selesai pindahan, Anda bisa menggunakan isi koper tersebut untuk kebutuhan bermalam jika Anda terlalu lelah untuk membongkar & menata kembali barang - barang dalam ruangan baru.

  • Anda tidak perlu mengepak barang berdasarkan kategori ruangan. Ini target yang terlalu ambisius. Ada banyak situasi di mana Anda harus mencampur barang - barang dari ruangan yang berbeda untuk efisiensi penggunaan kardus.

  • Tulis dgn spidol besar isi dari tiap kardus. Sehingga Anda dapat dengan cepat bisa mengidentifikasi barang - barang dalam kardus tersebut, saat tiba di tempat baru.


5. MENGURUS SURAT IJIN LOADING & UNLOADING DARI BUILDING MANAGEMENT


Pastikan anda sudah memiliki surat ijin dari Building Manager sebelum memasukkan / mengeluarkan furniture & elektronik besar dari Apartemen.


6. CARILAH BANTUAN


Seperti yang Anda lihat, proses pindah rumah sangat menyita waktu, tenaga & pikiran. Mulai dari mengepak barang-barang pribadi & berharga, membungkus furniture & elektronik, mengangkat semua barang - barang ke atas mobil, dan saat tiba di tujuan, Anda harus mengangkat semua ke lantai 30 unit apartemen Anda. Dan, kemudian harus menyusunnya kembali di ruangan baru. Sigh...


Tapi, Jangan Kuatir!

Servis Apartemen memiliki Paket Pindahan Terlengkap dengan harga ekonomis praktis. Sehingga Anda tetap tenang baik sebelum & sesudah pindahan.

Kunjungi www.servisapartemen.com untuk melihat Paket yang kami sediakan. Konsultasikan "Pindahan Anti Galau" bersama CS kami di +628996682202.


Salam.

BB






31 tampilan0 komentar